#9th recipe : when in doubt..cook ayam kecap!

2:24 AM

Masak apa hari ini? Bukan kemakan iklaan yaahh... tapi semenjak jadi istri orang terkadang suka blank mikirin masak apa ya. Dan setiap bingung itu pula lah, ada masakan andalah yang pasti gak di tolak sama Pak Suami. Yaitu ayam mentega!

Kebetulan suamiku yang wong jowo itu suka banget sama kecap. Jadi sebenernya apapun dikecapin, dia doyan. Sampe yang gak wajar seperti opor, mcd, sayur asem juga sama dia di kecapin. Beda banget sama saya yang suka nya disambelin.. semua juga disambelin.

Biar gak biasa2 banget, ayam mentega nya saya tambahin kecap inggris, saus tiram, dan perasan jeruk limau. Jadi baunya seperti Chinese food dan limaunya bikin seger.


 














Ini dia resepnya :

Ayam goreng Mentega / Ayam Kecap :

Bahan :

Ayam mentah  1/2 ekor
Kecap Manis, 2 sdm
Kecap Inggris, 1 sdm
Saus Tiram, 1 sdm
Mentega, 1 sdm
Bawang Bombay 1 butir, iris
Bawang Putih Geprek, 3 pcs
Jahe Geprek, 2 cm
1 buah jeruk limau
100 ml air putih
Mentega 1 sdm
Garam, Gula, Lada secukupnya

Bahan Perendam :
 Bawang Putih 4 siung, haluskan
Minyak wijen, 2 sdm
Garam, 1sdt
Gula, 1 sdt


 
Cara Membuat  :

1. Rendam Ayam yang sudah dicuci dengan bawang putih halus dan minyak wijen minimum 1 jam didalam kulkas. Paling enak semaleman, lebih nyerepp.

2. Goreng Ayam hingga mencapai crispy level yg di inginkan

3. Tumis Bawang Bombay Jahe, dan Bawang Putih Geprek hingga Wangi dengan mentega  

4. Masukan saus inggris, kecap manis, saus tiram, dan air putih.

5. Rasain, masukan garam, lada, gula secukupnya

6. Masukan ayam, kecilkan api, agar menyerap
   
7. Matikan api, kasi perasan air jeruk limau. Hidankan saat panass



Cheers
dafina







You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images