# 5th Recipe : SIOMAY

5:35 PM

Sabtu ini ratih main ke rumah, sengaja pingin ajak dia masak bareng sekalian.. Jadilah kita masak fuyunghai, bokcoy saus tiram, dan Siomay sekalian nyobain food processor baru hadiah dari temen-temen kantor Unilever ^^
 






Lumpianya bukan bikin tapi oleh2 dari Izki..
Bikin Siomay itu relative mudah, tinggal campur-campur masukin ke food processor dan kukus abis itu. Enak nggaknya tergantung kualitas daging yang kita pakai, kalau saya menggunakan campuran ikan tenggiri dan udang. Yum! Kali ini karena mau lebih sehat saya tambahin parutan wortel, jadinya lebih manis tapi agak lebih modern rasanya bukan kaya siomay abang-abang. hehe
 
Bumbu kacangnya juga gampang banget, ratih sampe  kaget ternyata buat bumbu kacang cuma butuh modal jempol buat pencet tombol blender. hehhe
 
Gara-gara sibuk masak jadi laper berat dan gak sempet foto yang proper.. hiks.
 
Homemade Siomay (versi tanpa wortel)
 
400 gr daging ikan tenggiri (Saya beli dipasar, langsung minta mereka fillet dagingnya saja)
200 gr udang (kupas, buang kepalanya)
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm gula pasir
1 sdm kecap asin (ini nanti setelah diaduk di rasain aja ya, kalau dirasa kurang, bisa ditambahin, karena setelah dikukus biasanya rasanya jadi kurang asin-saya pakai soy premiumnya lee kum kee)
1 1/2 sdt minyak wijen (saya pakai lee kum kee)
1 sdm minyak goreng (for healthier choice, pakai olive oil)
150 gr labu siam (cuci bersih, parut, jangan buang airnya)
3 butir telur ukuran besar, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris tipis (optional)
2 cups/200 gr sagu tani/kanji/tapioca  (ini bisa disesuaikan sesuai tekstur yang dimaui)
 
 
Cara Membuat
 
1. Giling daging dengan menggunakan food processor. Kalau nggak ada bisa pakai blender, tp harus sabar, karena musti dikit2.
2. Masukan semua bahan kecuali labu siam,telur, dan tepung, aduk rata.
3. Masukan labu siam, dan telur sedikit2, aduk sampai rata
4. Terakhir masukan tepung sagu tani, aduk rata hingga bisa di bentuk.
5. Adonan siap dikukus. Bisa di kombinasikan dengan kulit siomay, tahu, kentang, atau langsung kukus di dalam cetakan atau lebih simple lagi disendokin langsung. Jangan lupa cetakan dan kukusannya di olesin minyak dl ya biar adonan tidak menempel.
 
Kukus sampai berubah warna sekitar 10-15 menit, dan siap dinikmatiiiii :)
Adonan ini juga bisa jadi batagor, tinggal ambil kulit pangsit masukan adonan, dan gorengggg.
 
 
Untuk Saus Kacangnya :
 
 
500 gr kacang Tanah (sebenernya saya gak bener2 hitung beratnya, kira-kira aja)
5 cabai merah (sesuaikan selera)
4 suing bawang putih
1 liter air
2 sdm gula pasir
1/2 sdm garam (dirasain aja ya secukupnya)
1 sdm gula jawa
5 daun jeruk, robek2
Jeruk Sambal / Jeruk nipis
 
 
Cara membuat
 
Blender semua bahan kecuali daun jeruk dan jeruk sambal, sesuaikan tekstur dengan selera.
Jika ingin bumbu yang halus blender sampai benar-benar halus, dan sebaliknya jika suka bumbu yang agak kasar dan masih ada butiran kacangnya.
 
 
Tuang ke dalam panci, masukan daun jeruk, masak dengan api kecil, sambil di aduk hingga minyak dari kacang keluar. Rasakan, jika kurang asin atau manis bisa disesuaikan sesuai selera.
Angkat, sajikan siomay dengan bumbu kacang, kecap manis, dan juga perasan jeruk sambal.
 
 
 
 
 
Untuk resep fuyunghai, dan bokcoynya nyusul yaaa :)
 
Cheers,
 
Daf
 
 
 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images