#4rd Recipe : Roti Manis Tang Zong Method

9:57 PM


Rotinyaaa mengembang sempurna!! jingkrak2!
Saya puas sekali dengan metode tang zong ini, tekstur rotinya halus dan empuk!
Padahal waktu nyoba ini saya agak kurang sabar sehingga adonan belum kalis betul sudah saya bentuk dan panggang, itu saja teksturnya sudah oke banget. Apalagi kalau sampai kalisss..
ahh pokonya saya bahagia dan resep ini supper recommended :)


Tangzong  adalah Japanese technique yang dipopulerkan oleh Asian Chef, Yvonne Chen. Metode ini menggunakan water roux paste yang katanya merupakan rahasia dari tekstur empuknya ini, bahkan sebenarnya tidak perlu bread improver lagi. Cuma saya tetap pakai, karena masih takut gagal. ;p
 Setelah browsing-browsing, akhirnya saya memutuskan untuk memakai resep dari mbak rickie ordinary kitchen. Saya modif sedikit karena saya suka rasa rotinya lebih manis :)



Siap di panggang!
 
RESEP ROTI MANIS- TANG ZONG METHOD
 
 
 
Water Roux Paste
 
 25 gr terigu protein tinggi (saya pakai cakra)
125 ml air
 
Campur terigu dan air, aduk dengan whisk hingga rata.
Panaskan di atas api kecil sambil di aduk-aduk hingga mengental membentuk semacam paste.
Tidak perlu hingga mendidih, pastikan warna pastenya adalah putih susu.
Jika sudah mencapai abu-abu berarti sudah tidak bisa dipakai.
 
 
Adonan Dough
 
 
375 terigu protein tinggi
100 gr terigu protein sedang (sy pakai segitiga biru)
50 gr susu bubuk (resep asli 35 gr)
1 sdt vanilla bubuk/ekstrak
100 gr gula kastor (resep asli 75 gr)
11 gr ragi instant
1/2 sdt bread improver (saya pakai baker mix, ini optional ya)
2 kuning telur, kocok lepas
150 ml air es (resep asli air es), bias lebih bias kurang, tergantung adonan masing-masing, dirasakan saja ya saat menguleni.
(karena saya menguleni adonannya pakai mixer jadi saya pakai air es, agar ragi tidak mati
karena panas mixer saat mengaduk)
50 gr buter, potong potong, suhu ruang
 
 
Eggwash
 
1 kuning telur
2 sdm susu cair
Butter untuk polesan akhir saat roti matang
 
 
Cara Membuat :
 
1. Ayak semua bahan kering kecuali GARAM dalam 1 bowl besar,aduk rata
2.Masukan water roux paste dan kuning telur aduk hingga rata, jika menggunakan mixer (pakai yang adukan roti ya) gunakan kecepatan rendah
3.Masukan air sedikit demi sedikit sambil terus di uleni. Perhatikan adonan masing-masing, sesuaikan jumlah air dengan kondisi adonan
4.Ketika setengah kalis, tambahkan garam dan butter, lanjutkan menguleni hingga kalis dan licin
5.Setelah kalis (saya setelah agak kalis, saya uleni manual dengan tangan hingga licin), buletkan adonan. taruh dalam wadah yang sudah di olesi minyak goring.Tutup dengan plastic wrap atau serbet lembab. Diamkan untuk proses proofing hingga mengembang 2x lipat (kira2 1 jam)
6. Kempeskan adonan, uleni sebentar lagi. Bagi adonan dan bentuk dan isi sesuai keinginan.
7. Tata dalam Loyang yang sudah di poles margarin, diamkan 30 menit utk proses proofing kedua. Poles dengan eggwash, panggang dalam suhu 180-200'C hingga permukaan cokelat kekuningan sekitar 20 menit. Saat panas oles dengan butter.
 
 
selamat mencoba!
 
 
Cheers,
dafina
 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images